Toolbars? di Lembar Kerja Corel Draw

Apa Itu Toolbars? di Lembar Kerja Corel Draw - Halo sobat seputar desain, mari kita panjatkan puji dan syukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Tuhan semesta alam yang menciptakan. Atas segala nikmat sehat serta rezeki yang telah kita terima.

Di artikel seputar desain sebelumnya kita sudah membahas tentang Mengenal Lebih Jauh Apa Itu CorelDraw, artikel tersebut membahas tentang sejarah, versi corel hingga spesifikasi yang disarankan untuk menjalankan perangkat lunak (software) komputer tersebut, jika sobat lupa atau belum sempat membaca bisa langsung klik link diatas kalimat pertamana paragraf kedua tulisan ini.

Mari kita simak pembahasan berikutnya yaitu tentang lembar kerja corel draw. Di dalam lembar kerja Corel Draw ada beberapa Toolbars, maksud dari Toolbars itu sendiri jika di alih bahasakan ke Bahasa Indonesia Toolbars berarti Bilah Alat.


Apa itu Toolbars ?

Toolbars adalah seperangkat alat untuk memproses perintah berupa simbol-simbol (icon), menu, elemen input output pada perangkat lunak komputer atau sistem operasi.

Gambar 1.0 Lembar Kerja Corel Draw X6

Nah gambar diatas ini adalah keseluruhan lembar kerja di dalam perangkat lunak corel draw, Toolbar di dalam lembar kerja corel draw sudah saya beri tanda dengan nomor urut 1 - 6. Toolbars tersebut merupakan toolbars setingan pabrik (seting default). Jika sobat seputar desain ingin menambahkan atau mengurangi bisa diatur di menu Windows pada Menu bar corel draw. Foto wanita ditengah hanya pemanis ya sob, hehe
Gambar 1.1 Sub menu dari Windows pada Menu bar

1. Menu bar

Gambar 1.2 Toolbar Menu bar Corel Draw


Di dalam menu bar terdapat perintah kerja software corel draw yaitu, File, Edit, View, Layout, Arrange, Effetc, Bitmaps, Text, Table, Tools, Windows, dan Help. Masing-masing menu diatas memiliki sub menu lagi jika diklik. di menu bar ini semua perintah kerja corel draw berasal. Jika sobat seputar desain paham bahasa Inggris tentu akan lebih mudah memahaminya.

2. Standart

Gambar 1.3 Toolbars Standart pada corel draw


Pada bagian ini terdapat simbol (icon) perintah New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Search content, Import, Export, Application launcer, Welcome screen, Zoom level, Snap to, dan Options. Perintah-perintah tersebut sebenarnya sudah ada di menu bar File jika sobat klik pada File di menu bar, menu standar hanya untuk mempermudah pekerjaan sehingga langsung dapat dengan satu kali klik.

3. Property bar

Gambar 1.4 Toolbars Property bar pada coreldraw
pada bagian ini terdapat pilihan Page size, Page dimention, Portrait, Landscape, All pages, Current page, Drawing units, Nudge distance, Duplicate distance.

4. Toolbox

Gambar1.5 Toolbars Toolbox pada coreldraw
 Peranan Toolbox ini sangatlah penting, jangan sampai sobat Seputar Desain menghilangkannya dari menu Toolbars ya. Toolbox adalah peralatan perintah untuk membuat, mengedit, dan merancang suatu gambar pada corel draw. Untuk bagian ini kita bahas di artikel selanjutnya ya sobat, Cukup kucup panjang pembahasannya.

5. Status bar

Gambar 1.6 Toolbars Status bar pada coreldraw
Di Status bar posisinya berada dibawah lembar kerja, kita bisa melihat posisi kursor hingga detail warna yang digunakan pada objek desain. informasi tersebut tertera di status bar tersebut.

6. Color palette

Gambar 1.7 Color palette pada coreldraw
Color palette ini berfungsi untuk memberikan warna pada objek gambar dan garis yang kita buat di dalam lembar kerja corel draw. Tersedia beberapa jenis palette seperti RGB, CMYK dan lain lain.

Nah itulah beberapa toolbar yang perlu kamu pahami sob, Terimakasih sudah mengunjungi Seputar Desain dan membaca Apa Toolbars? di Lembar Kerja Corel Draw. Sampai jumpa kembali

2 Komentar untuk "Toolbars? di Lembar Kerja Corel Draw"

  1. Terimakasih min, saya jadi paham dan bisa menyelesaikan tugas sekolah dg mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. kunjungi seputardesain.com kembali ya

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel