Cara Mudah Membuat Tulisan Melingkar Menggunakan Corel Draw

Membuat Tulisan Melingkar di CorelDraw - Bertemu kembali bersama admin Seputar Desain, Hai sobat apa kabarnya hari ini? Semoga sobat dalam keadaan sehat, melimpah rezeki dan bahagia. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tulisan melingkar atau melengkung menggunakan perangkat lunak komputer Corel Draw.

Pada artikel sebelumnya Seputar Desain sudah membahas tentang fungsi-fungsi dari tool yang ada di toolbox, kaian bisa cek disini Toolbox Pada Corel Draw. Bisa kalian lihat di toolbox terdapat ikon untuk memasukan sebuah teks pada lembar kerja corel draw.

Untuk itu admin Seputar Desain akan berbagi cara bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada didalam perangkat lunak Corel Draw untuk membuat tulisan menjadi melingkar atau melengkung sesuai dengan keinginan kita. 
Gambar 1.0 Contoh Tulisan Melingkar 


Cara Melengkung Tulisan Pada Corel Draw


1. Buka Software CorelDraw 

Tahap pertama tentunya sobat buka terlebih dahulu software Corel Draw yang ada di laptop atau komputer kalian. itu buka lembar kerja Corel Draw dengan membuat dokumen baru (New)

2. Gunakan Text tool dan Ellipse tool 

Tahap ke-Dua coba untuk memasukan teks atau tulisan yang di inginkan ke dalam lembar kerja corel. Misalnya saya disini ingin menulis "SEPUTAR DESAIN" dan "TUTORIAL"


3. Gunakan Fit Text To Path 

Tahap ke-Tiga pilih atau select tulisan (teks) menggunakan Pick tool. kemudian cari menu Text pada menu bar, klik Fit Text To Path. Kemudian coba kalian letakan kursor ke objek lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya. Atur sesuai keinginan, jika sudah klik atau enter dengan begitu teks sudah mengikuti pola pada objek lingkaran.

4. Gunakan Pick tool 

Tahap ke-Empat sesuaikan posisi yang tepat dengan cara mendrag atau menggeser pada poin merah di kiri teks seperti pada gambar dibawah. tanda titik merah tersebut saaya tandakan dengan lingkaran kuning pada gambar.


 5. Miror Text Horizontally dan Vertically

Tahap Ke-Lima sama halnya seperti tahap sebelumnya di tahap ke tiga, sobat pilih atau select teks menggunakan pick tool kemudian cari Fit Text To Path pada menu bar Text. Kemudian posisikan seperti gambar dibawah. Teks menjadi terbalik bukan? maka sobat perlu mengatur teks agar terbaca dengan cara mengklik ikon Miror Text Horizontally dan Miror Text Vertically, bsia sobat liat pada gambar dibawah bertanda lingkaran kuning.


6. Gunakam Pick tool 

Tahap ke-Enam kemudian drag atau geser point merah seperti gambar dibawah. sesuaikan posisi yang semburna menurut sobat Seputar Desain.


7. Gunakan Shape tool  

Tahap ke-Tujuh Untuk menyempurnakan jarak yang terlalu pendek antara huruf satu dengan yang lainnya, maka pilih Shape tool pada toolbox disamping kemudian geser tanda dibawah teks seperti pada gambar dibawah ini.


8. Break Apart 

Tahap ke-Delapan jika sudah sobat perlu memisahkan teks dengan lingkaran supaya dapat mudah mengedit atau memberi warna pada teks dengan cara select atau pilih objek kemudian pilih Arrange pada Menu bar, klik Break Apart (crtl+K).  Oh iya sebelum Break Apart pastikatikan sobat sudah mengatur sedemikian rupa, saya telah menggunakan font Bold pada pembuatan contoh teks.


9. Selesai

Tahap ke-Sembilan hasil sudah dapat dilihat, sekarang kalian bisa atur sedemikian rupa warna yang ingin kalian gunakan untuk teks melingkar.




Done!!! Sobat Seputar Desain sudah bisa membuat teks atau tulisan melingkar menggunakan perangkat lunak CorelDraw, Selamat mencoba. Mohon maaf jika banyak kekurangan, apabila sobat ingin bertanya bisa langsung tinggalkan komentar di kolom komentar ya sobat. Terimaskasih sudah mengunjungi dan membaca Membuat Tulisan Melingkar di CorelDraw

2 Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Tulisan Melingkar Menggunakan Corel Draw"

  1. Balasan
    1. Terimakasih sudah mengunjungi Seputar Desain. Langsung praktekin ajah sob

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel