Software Desain Grafis Berbasis Vektor

Macam-macam software desain grafis berbasis vektor - Hai sobat apa kabar? Semoga saat ini sobat sedang dalam keadaan baik-baik saja. Di pembahasan sebelumnya kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan desain grafis berbasis Vektor, bagi sobat yang belum sempat baca dianjurkan untuk klik link berikut pengertian vektor.

Sekarang kita akan membahas software atau perangkat lunak apa saja yang mengolah jenis grafis vektor ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa format file vektor grafis ini biasa dalam bentuk ai, cdr, cgm, dxf, eva, emf, hvif, iges, pgml, svg, vml, wmf, xar.

Macam-macam Software Desain Grafis Berbasis Vektor :

1. CorelDRAW



Perangkat lunak komputer satu ini sangat populer digunakan dalam dunia desain grafis tentunya. Bagi sobat yang sudah terjun kedunia desain tentu sudah sangat familiar dengan software tersebut. biasanya digunakan oleh perusaan percetakan untuk mendesain suatu produk seperti logo, undangan, pamplet, postes, cover buku, banner dan masih banyak produk yang lainnya.

Developernya adalah Corel dan dirilis pada tanggal 16 Januari 1989. tentunya banyak versi yang telah dikeluarkan oelh developer Corel dari mulai First version yaitu CorelDraw 1,  CorelDraw 2, CorelDraw 3,  CorelDraw 4,  CorelDraw 5,  CorelDraw 6,  CorelDraw 7,  CorelDraw 8,  CorelDraw 9,  CorelDraw 10,  CorelDraw 11,  CorelDraw 12,  CorelDraw X3,
 CorelDraw X4,  CorelDraw X5,  CorelDraw X6,  CorelDraw X7,  CorelDraw X8.

Jika sobat tertarik dengan sofwarenya bisa sobat kunjungi laman resminya di www.coreldraw.com

2. Adobe Ilustrator



Merupakan software komputer untuk mengolah atau membuat desain grafis vektor. developernya atau pembuatnya adalah Adobe System yang meliris sofware pada tanggal 19 Maret 1987. Versi pertamanya dibuat khusus untuk Sistem Operasi Apple Macintosh (OS Mac). Kemudian berkembang versi-versi barunya yang merambah ke Sistem Operasi Windows (OS Windows).

Adobe Illustrator CC 2019 merupakan versi terupdate saat ini dirilis pada bulan oktober 2018. versi Ilustrator 2019 ini adalah generasi ke 23 dari versi pertamanya. Cukup  banyak bukan?  Oh iya PC Magazine media cetak asal Amerika ini memberikan penghargaan pada Adobe Illustrator sebagai grafis vektor editing terbaik pada tahun 2018.

Jika sobat tertarik dengan software tersebut bisa langsung mengunjungi laman situs di www.adobe.com.

3. Affinity Designer


Merupakan software grafis vektor buatan Serif Europe yang dirilis pada tanggal 1 oktober 2014. Tersedia untuk macOS, iOS dan Microsoft Windows. Affiniti Designer sama seperti dengan Adobe Illustator. Dapat membuka format file ai, svg, psd,pdf, dan eps.

Tersedia versi 1.0 dirilis pada tahun 2014, kemudian versi 1.2 rilis pada bulan April 2015, susul versi 1.4, kemudian versi 1.5 pada bulan Oktober 2016, semua versi yang telah disebutkan itu hanya untuk versi macOS. Kemudian pada bulan November 2016 developer Serif merilis versi software untuk sistem operasi windows. Dan sekarang versi terbarunya versi 1.6 dirilis pada november 2017. Setelah itu Serif mengeluarkan Affinity Designer versi iPad pada bulan Juli 2018.

Jika sobat tertarik dengan perangkat lunak besutan Serif ini bisa mengunjungi laman situnya di www.affinity.serif.com/designer/


4. Autodesk Graphic


Perangkat lunak komputer ini merupakan pengolah desain grafis berbasis vektor. Developer atau pembuatnya adalah Autodesk. sebelumnya dikenal dengan iDraw. Jika sobat tertarik bisa langsung kunjungi situs laman resminya di www.autodesk.com


5. Canvas X



Merupakan software pengolah grafis berbasis vektor yang dikembangkan Canvas GFX pada tbulan November 1987. Pada versi pertamanya diperuntukan untuk macOS dan seiring berjalannya waktu sang developer membuat versi untuk OS Windows. Jika sobat tertarik bisa langsung mengunjungi situs resminya di www.canvasgfx.com

6. Skencil


Merupakan perangkat lunak pengolah vektor grafis gratis atau tidak berbayar (Open Source) yang dirilis oleh GNU Lesser general Public License pada tanggal 31 Oktober 1998. Jika tertarik menggunakan software ini, sobat bisa langsung menuju laman resminya di www.skencil.org


7. DrawPlus


Merupakan perangkat lunak komputer pengolah vektor garfis 2D. Developernya Serif merilis pada tahun 1994. versi paling updatenya yaitu DrawPlus X5. Jika sobat tertarik disarankan untuk mengunjungi situs resminya di www.serif.com

Seperti biasa saya menyarankan sobat untuk mempelajari satu dari Macam-macam software desain grafis berabasis vektor diatas untuk dipejari dengan serius. jika sobat sudah mahir menggunakannya tentunya akan dapat membantu segala pekerjaan yang berhubugan dengan vektor grafis ini.

Terimakasih atas waktunya telah membaca Macam-macam software desain grafis berbasis vektor semoga bermanfaat bagi sobat semua. 


2 Komentar untuk "Software Desain Grafis Berbasis Vektor"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel